Menu

LAVA LAMP
Konnichihellowa kali ini saya akan memberi tutorial membuat lava lamp sederhana.  Nah yang belum tahu apa itu lava lamp,  lava lamp sendiri adalah cairan lava yang jika disinari dengan lampu akan membentuk lava yang naik turun. Jadi beda yaw sama glow in the dark,  kalo glow in the dark itu bisa nyala sendiri tanpa bantuan lampu,  kalo lava lamp itu butuh diterangi lampu. Nah,  penasaran? Gini nih caranya....
1. Tentukan dulu jenis lava lamp apa yang akan kamu buat, ada dua jenis permanen atau yang sementara,  nah bahan yang diperlukan tergantung jenis lava lamp yang kamu buat,  kali ini saya akan membuat lava lamp permanen.
2. Sediakan bahan-bahan.  Untuk bahan lava lamp permanen antara lain:
  • Alkohol kadar 90% atau bisa diganti dengan 90% alkohol 70%
  • Botol kaca bekas,  boleh dari selai,  minuman soda ataupu sirup,  sesuai selera.
  • Pewarna tekstil sesuai selera.
  • Minyak goreng secukupnya.


3. Masukkan minyak goreng ke dalam botol kaca secukupnya atau sampai seperempat gelas.
4. Tambahkan alkohol 90% dan 70% dengan perbandingan 1:2,5. Setelah ditamabahkan alkohol usahakan permukaan minyak menjadi cembung. Jika minyak tidak memiliki permukaan cembung maka tambahkan alkohol 70 % lagi.
5. Tambahkan pewarna lalu aduk.
6. Tutup botol kaca lalu didihkan, nah untuk mendidihkan bisa diletakan pada sumber api kecil(lilin) atau direbus dengan api kecil. Proses ini bertujuan untuk membuat massa jenis minyak menjadi lebih kecil sehingga dapat naik ke atas seperti lava.
7. Setelah mendidih angkat dinginkan sebentar lalu letakkan di atas sumber cahaya. Usahakan botol kaca tidak panas dalam waktu yang lama.

8. Selesai.

0 komentar:

Posting Komentar

 

About